TIK Kelas 9 Bab 1 Semester Ganjil Macam - Macam Aplikasi Internet

ad+1

APLIKASI INTERNET -  Saat ini banayak sekali aplikasi internet yang kemudian dapat di gunakan untuk berbagai bidang sepert pendidikan, Militer, Kesehatan, Hiburan, Media massa, Industri, dan masih banyak lagi. Aplikasi internet di antaranya :

1. WWW ( WORD WIDE WEB )
             WWW atau disebut juga Word Wide Web adalah sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, video, suara dll tersimpan dalam sebuah internet webserver dan dipresentaikan dalam bentuk hypertext. Format untuk WWW adalah hypertext dengan menggunakan Hypertext markup languange ( HTML ).

2. EMAIL
    Surat elektronik ( Electronic mail ) aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik dan sistem surat menyurat melalui komputer atau bisa juga menggunakan android yang terhubung ke internet. Email ini bisa juga untuk mengirim gambar, video, dokumen, musik, film dll.

3. IRC ( INTERNET RELAY CHAT )
    IRC biasa disebut ''chat'' adalah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan saran baris - baris tulisan yang di ketikan melalui keyboard. IRC berfungsi sebagai sarana untuk melakukan percakapan di internet ( chatting )

4.FTP ( FILE TRANSFER PROTOKOL )
     FTP adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. Dan biasana aplikasi ini di gunakan untuk Download file dari sebuah situs. Adapun fungsi FTP adalah :
  • Sebagai sarana untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain
  • sebagai sarana untuk melakukan proses upload suatu halaman web ke webserver agar dapat di akses oleh pengguna internet lainya
5. TELNET 
     Telenet adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mengakses komputer yang berjarak jauh. Aplikasi ini bisa di gunakan apabila mengetahui ip address dari kompurter yang akan di akses.

BACA JUGA TIK KELAS 9 SEMESTER GANJIL  PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

6. GOPHER
      Gopher adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mencari informasi yang berupa teks saja. Adapun fungsi gopher adalah :
  • Pemakai tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang mereka akses
  • Merupakan sistem yang memungkinkan para pemakai internet dapat mengakses internet
  • Sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hiraki
7. PING ( PACKET INTERNET GOPHER )
     Ping adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mengetahui apah komputer kita sudah terhubunng ke internet atau belum. Adapun fungsi PING adalah :
  • Untuk mengecek hubungan antara dua komputer atau lebih di internet atau yang tehubung LAN ( Local Area Network )
  • Untuk memverifikasi bahwa alamat protokol internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan - permintaan
  • Untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang dituju sedang aktif dan memberikan respon balik
     

0 komentar: