TIK Kelas 9 Bab 1 Semester Ganjil Mengenal Dan Sejarah Jaringan Komputer

ad+1

MENGENAL DAN SEJARAH JARINGAN KOMPUTER - Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dapat bergerak melalui kabel kabel maupun tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna internet dapat saling bertukar data satu sama lain. Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan di sebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan, jutaan node.

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER - Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di amerika serikat dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL 1 di laboratorium Bell dan group riset harvard university yang di pimpin oleh profesor H. Aiken.

Di tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Maka di temukanya konsep TSS ( Time Sharing System ), Maka untuk pertama kali bentuk jaringan ( network ) komputer di aplikasikan.

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah di gunakan konsep proses distribusi ( Distributed Processing ). dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer.

Selanjutnya ketika harga harga komputer kecil mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, Maka penggunaan komputer dan jaringanya sudah mulai beragam. seperti proses Peer to Peer System. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang di kenal dengan LAN. pada saat itu juga internet mulai di kenalkan. maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.

0 komentar: